Perlawanan Simetri

Perlawanan Simetri

Oleh: Beda Aruna Pradana

Sebuah cerpen trilogi bagian pertama

Aku terus berlari menghempas semak belukar di jalan yang aku tempuh, berlari dan terus berlari, dan kamu menunggu berdiri di ujung tebing itu.. Dengan tarikan napas terakhir aku berlari semakin kencang untuk bertemu denganmu. “hei, tunggu aku..!”, teriakku padanya agar tetap menunggu dan memberitahu bahwa aku datang kepadanya.

   Continue reading

Kegilaan Para Pemuja Dionysos

Dionysus atau Dionysos atau dikenal sebagai Bacchus dalam mitologi Yunani adalah dewa anggur (arak) dan selalu diasosiasikan sebagai dewa pesta

Ia merupakan satu-satunya dewa yang memiliki orangtua manusia. Pada waktu bayi, tubuhnya pernah tercabik-cabik dan kembali utuh seperti sediakala. Hal ini Continue reading

Makna Simbolis Warna Dan Motif Batik Tradisional Yogyakarta

Batik merupakan kesenian khas Indonesia yang sudah ada sejak berabad-abad yang lalu, sehingga kesenian batik sudah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia dan mengalami perkembangan motif atau pun warna karena pengaruh dari budaya setempat atau pengaruh dari kebudayaan bangsa lain yang berakulturasi dengan budaya Indonesia. Batik tradisional Yogyakarta merupakan batik (kain yang memiliki gambar atau pola tertentu) yang dibuat secara turun-temurun tanpa ada perubahan warna atau corak hanya untuk kalangan keluarga Kraton Yogyakarta yang memiliki arti filosofis tersendiri dalam warna dan corak batik tersebut. Continue reading